17 Agustus di Istanbul

Merhaba 👋
Salam hangat dari Istanbul.

Finally, I passed 2 weeks and still alive, LOL. Rasanya gimana? Biasa aja sih, karena kerjaannya cuma di rumah, lebih karena kurang bisa bahasa disini dan menghemat uang, kalo mau kemana-mana harus ngeluarin ongkos transportasi cuy. Jadi kalau ga penting-penting banget atau mau ke tempat yang bagus, mending di rumah aja.

Sedikit cerita perihal perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di tanggal 17 lalu, karena jadi pengalaman pertama aku di negara orang. Sebenarnya, aku ga punya teman di Istanbul, ada sih satu orang yang aku kenal, cuma ga terlalu akrab. Awalnya aku juga nanya ke dia sih, kegiatan di 17an dan dimana baca infonya, terus dia nyaranin aku buat baca-baca di akun media sosialnya KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) Istanbul. Aku udah 5 tahun ga ikut upacara bendera, apalagi 17 Agustus, terakhir kali ya waktu zaman SMA dulu, sebagai aubade dengan seragam kecenya. Berhubung aku disini belum punya kegiatan dan belum punya teman juga, jadi mendingan ikutan upacara aja, manatau bisa ketemu teman baru disana. Ternyata di tanggal 11 Agustus udah ada acara perlombaan 17an gitu dari KJRI, sedangkan aku baru baca infonya di tanggal 15. Setelah aku cek lokasi kantor KJRI, ternyata jauh banget, sekitar 1 jam dari rumahku, dan acaranya bukan di kantor tapi di Mess KJRI yang masih sekitar 40 menitan lagi dari kantor. Untungnya disediakan bus servis buat kesana. Aku langsung ogah-ogahan mau pergi. Soalnya aku belum hapal dengan rute transportasi disini, terus aku harus berangkat dari rumah jam 6:30 biar bisa ikutan bus servis yang berangkatnya jam 8:30.

Sampai di tanggal 16 malam, aku masih ga ada niatan buat ikutan upacara. Terus besok paginya aku dibangunin dong jam 4 pagi, sambil terus mikir buat pergi atau nggak. Setelah lama mikir, aku akhirnya buru-buru mandi setelah subuh, lalu cek rute bus buat kesana dan jadwal bus nya. Jam 6.30 aku udah mejeng dengan rapi di halte, tapi bus nya pada penuh semua, jadi aku harus nunggu bus berikutnya. Aku baru bisa naik di bus ke 4, mungkin tiap pagi bus nya selalu penuh kali ya, dan itu udah jam 7. Perjalanan aku harus naik 2 kali bus gitu, sesuai yang diajarin maps. Nah, di bus kedua, ketika aku tap (nempel) kartu transport ku di mesin tap nya, malah layarnya jadi merah. Terus drivernya ngomong pake bahasa Turki, lah aku mana ngerti T.T Mungkin karena dia ngeliat aku kebingungan sedangkan bus harus jalan, aku disuruh duduk dulu, biar ga gangguin penumpang lain. Waktu bus nya udah jalan, aku nanya lagi ke drivernya sambil nunjukin halte yang disaranin maps. Aku ngomong pake bahasa Inggris eh dia balasnya pake bahasa Turki. Untung aja kami masih bisa saling paham. Terus dia minta aku buat nge-tap lagi kartunya, tapi layarnya masih merah. Aku udah menduga sih kalau saldo di kartu aku ga cukup. Jadi akhirnya drivernya cuma bilang "money" dan mengertilah aku yang langsung bayar pake duit cash, daripada aku diturunin.

Setelah aku nyampe di KJRI, ngikutin petunjuk dari maps, malah kantornya sepi banget. Masih jam 8 sih. Terus aku liat ada minibus yang berjejer dan orang-orang pake baju merah-putih, udah pasti orang Indonesia nih. Aku samperin kesana, belum sempat buka mulut malah udah dipanggil duluan. "Kamu mau ikut upacara kan?" aku cuma senyum sambil angguk-angguk doang. "Ayo sini sini masuk. Kamu namanya siapa? Kok aku baru liat kamu?" Emang dasarnya para emak-emak itu selalu heboh kali ya, jadi aku merasa akrab dan diterima sama mereka. Ada beberapa bus yang disediakan oleh KJRI, nah aku kebetulan di bus pertama karena datangnya cepat. Isinya emak-emak semua cuy Hahaha. Sepanjang perjalanan aku ngakak mulu, karena ni ibu-ibu muda dan gaul kerjanya ngelawak aja di mobil.
Ternyata wisma KJRI ini tempat tinggalnya Bapak Konjen dan keluarga, dan lokasinya ada di kawasan mewah (ini aku tau dari temanku yang baru kenal disini). Setelah kenalan dan ngobrol sama beberapa orang, ternya ada banyak banget ternyata perempuan Indonesia yang menikah dengan orang Turki. Jadi waktu lihat ke anaknya, keliatan blasteran gitu mukanya, imut banget. Nah, waktu upacara berlangsung, suami-suami mereka juga dibawa, ikutan juga, hihi lucu kan ya.


Rangkaian acaranya dimulai pukul 10.00, upacara seperti biasalah ya, setelah itu foto-foto bersama, lalu makan, pemotongan tumpeng, baru dilanjutkan dengan hiburan dan pembagian hadiah lomba. Setelah itu baru makan siang, kemudian masih lanjut dengan hiburan, Bapak Konjen gitaran sambil nyanyi, aku surprised banget. Kalau ditanya seru apa nggak, ya pasti seru pake banget. Apalagi yang namanya jauh dari negara sendiri, ketemu orang-orang disini jadi pengobat rindu, bisa ketawa rame-rame, makan masakan Indonesia, dan banyak banget dapat cerita seru dari mereka. Ternyata perkiraan ku benar, kalau ikut upacara bakalan dapat teman. Akhirnya aku punya beberapa kenalan yang juga di Istanbul, yang ini bukan emak-emak loh ya.

So far, dengan berada disini, perayaan 17an itu jadi sesuatu yang berharga banget. Jadi momentum yang bener-bener bisa dihayati dan disyukuri, daripada aku dulu di Pekanbaru yang hari kemerdekaan itu cuma berlalu gitu aja. Aku ga bilangin orang lain, cuma ngatain diriku sendiri. Oh iya, upacara penurunan dilakukan jam 15.00, cuma sebentar, setelah itu kami udah pulang lagi dengan bus servis ke KJRI. 



Comments

Popular posts from this blog

Resensi Tokyo in Love

Instagram Ads: Reach More Your Specific Audience