Skip to main content

Posts

Idola dan Teman Biasa

Aku pernah mengagumi seseorang pada kali pertama mengenalnya. Pun sering pada kali kedua. Pernah juga setelah membaca beberapa tulisannya. Bisa jadi, setelah melihat beranda sosial medianya selama ber jam-jam. Bagaimana bisa? Rasanya aku ingin bercerita tentang sebuah kisah, tapi pasti akan sangat panjang. Aku tak ada cukup waktu untuk menuliskannya sekarang. Jadi kenapa bisa? Karena terpukau pada apa yg aku lihat atau aku baca.
Mengagumi dan menyukai seseorang membuatku tak mampu membedakannya, selalu tumpang tindih, yang jelas aku ingin tau tiap detail dari kehidupan orang itu. Sosial media jadi portfolio untuk menunjukkan kemampuan seseorang, citra diri yang positif, kebahagiaan, ketenaran, dan hal-hal hebat lainnya. Itulah yang aku konsumsi selama ini. Meskipun begitu, hasrat keingintahuanku selalu bisa terpenuhi.
Hebatnya, aku bisa semakin kagum dan semakin ingin tahu pada hal-hal yang pribadi; ada berapa saudaranya, dulu sekolah dimana, siapa teman dekatnya, makanan kesukaannya…
Recent posts

Kamu Harus Akui Jika Sulit

Entah sejak kapan aku selalu memegang kendali penuh pada pikiran ini. I try to control how to think about every single thing, so I can manage my self better because I know how and why something happen to me.It's a habbit and unconditional process yang sekarang aku miliki. Banyak dari kita yang percaya bahwa kerja pikiran akan mempengaruhi sistem kerja fisik atau jasmani. I have to agree with you guys, karena aku melakukan itu sejak lama. Sometimes, kita bisa tiba-tiba lupa kalau semua hal diciptakan dengan fungsinya masing-masing dan dapat menjadi lebih penting pada satu waktu tertentu. I remember when I did my solo trip to Singapore, it's such a crazy thing that I've ever though, of course when I went to Kuala Lumpur too. Jadi menjelang keberangkatan, yang aku lakukan selama berhari-hari adalah meyakinkan pikiranku bahwa everything will be okay, my journey will be nice, and my trip will be awesome. Finally, I did it
Aku menolak untuk sedih dan menerima setiap ungkapan …

Manusia Bukan Segalanya

Tulisan ini mungkin hanya sebagai self-reminder buat gw yang pelupa, bahkan dengan hidup gw sendiri. Agar suatu saat bisa gw baca dan ngasi pembelajaran sendiri sama diri yang masih kurang bersyukur ini. Mungkin kurang menarik dan sedikit membosankan memang, karena gw cuma menulis hal-hal random yang kadang entah kenapa bisa gw pikirkan.
Dua puluh hari yang lalu, gw tiba di Ataturk Airport. Sendiri. Gw janjian sama temen yang akan jemput, tapi belum sepakat ketemu dimana. Begitu masuk ke airport, hal pertama yang gw lakukan adalah login ke wifi bandara. Berkali-kali gw coba login tapi gagal, padahal nomor hp yang gw masukin udah benar. Nomor hp Indonesia gw udah roaming, pulsanya ada, tapi kode verifikasi untuk wifi bandara ga masuk. Gw benar-benar bingung karena ga tau gimana caranya menghubungi temen yang bakalan jemput. Gw sms ke nomor dia, gagal. Gw coba telpon juga ga bisa. Hampir 20 menit gw cuma duduk ngutak-ngatik hp dan coba login ke wifi bandara berkali-kali. Padahal gw bel…

17 Agustus di Istanbul

Merhaba 👋
Salam hangat dari Istanbul.
Finally, I passed 2 weeks and still alive, LOL. Rasanya gimana? Biasa aja sih, karena kerjaannya cuma di rumah, lebih karena kurang bisa bahasa disini dan menghemat uang, kalo mau kemana-mana harus ngeluarin ongkos transportasi cuy. Jadi kalau ga penting-penting banget atau mau ke tempat yang bagus, mending di rumah aja.
Sedikit cerita perihal perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di tanggal 17 lalu, karena jadi pengalaman pertama aku di negara orang. Sebenarnya, aku ga punya teman di Istanbul, ada sih satu orang yang aku kenal, cuma ga terlalu akrab. Awalnya aku juga nanya ke dia sih, kegiatan di 17an dan dimana baca infonya, terus dia nyaranin aku buat baca-baca di akun media sosialnya KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) Istanbul. Aku udah 5 tahun ga ikut upacara bendera, apalagi 17 Agustus, terakhir kali ya waktu zaman SMA dulu, sebagai aubade dengan seragam kecenya. Berhubung aku disini belum punya kegiatan dan belum …

Awal Kehidupan di Istanbul

Halo dari Istanbul!

Finally, I'm here and write for this topic!
Juny ngapain ke Turki? Jalan-jalan atau S2? Beasiswa?
I got some direct message in instagram about this. Mau bilang so many, ntar dikirain sok artis wkwk. So, aku kesini untuk Tomer (kursus Bahasa Turki), bukan jalan-jalan, bukan S2, dan tanpa beasiswa. Clear? Oke, let's start the story.

Hari pertama nyampe disini, aku dijemput sama temanku, terus diantar ke rumah. Rasanya asing. Semua di sekelilingku begitu asing. Aku lah sebenarnya orang asing itu. Setelah diajarin cara pakai transportasi dan beberapa perlengkapan rumah, ditunjukin beberapa tempat penting di sekitar rumah, doi pulang. Aku nganterin dia sampai halte bus sekalian beli makan keluar (ini juga dia yg beliin karena aku gatau cara ngomongnya).

Waktu pulang ke rumah, disitulah terjadi drama yang menyeramkan. Aku tinggal di apartemen lantai 2. Setelah masuk ke bangunan apartemennya, aku ga bisa buka pintu rumah, aku gatau caranya, padahal kunci…

Manusia Ini

KLIA2 dan Ketinggalan Pesawat (Travel Journey - Day 6 & 7)

25 Oktober 2017

Hari ini harusnya adalah penerbangan kami buat pulang ke Pekanbaru. Kemarin malam aku udah mewanti-wanti emak buat bangunin kami subuh-subuh banget, biar punya cukup waktu untuk siap-siap dan beresin apartment sebelum cabut. Kondisi adikku justru bertambah parah, kayanya hari ini adalah puncak demamnya. Badannya panas banget dan dia ga bisa bangun. Oh My Lord!!! Sejak bangun tidur, aku udah merapalkan mantra "please jangan ketinggalan pesawat" berulang kali. Sepertinya hari ini bakalan jadi hari yang cukup buruk. Walaupun dengan sangat-sangat susah, adikku akhirnya bangun dan kami udah siap di lobi pukul 9 pagi. Btw, pesawat kami pukul 10:45 (OMG!!!). Tambahan lagi, mana susah banget nemuin driver Grab karena mungkin di jam kerja, tapi akhirnya dapat juga, dengan harga sekitar RM25-35 (aku lupa). Pukul 9:30 baru masuk ke mobil, aku masih khawatir kalau kami bakalan ketinggalan pesawat, jalanan lumayan padat dan ga bisa terlalu ngebut. Perjalanan ke airport b…