Resensi HPCTK


Sebuah saran dan rekomendasi dari sahabat saya yang bernama Indah Sari, untuk membaca novel ini. Setelah saya sampai pada lembar terakhir, saya berharap ada beberapa lembar lagi yang hilang, tapi nyatanya saya sudah harus selesai dari bacaan saya. Dan saya pikir, tidak salah jika saya juga merekomendasikannya kepada pembaca :) . Thanks to my beloved friend, Indah Sari.








·       Judul        : Hujan Punya Cerita tentang Kita
·       Penulis     : Yoana Dianika
·       Editor       : Widyawati Oktavia
·       Penerbit   : Bukune
·       Cetakan   : I (Maret 2012), IV (Januari 2013)
·       Tebal        : vi + 278 halaman; 13 x 19 cm
·       ISBN         : 602-220-041-5

Terbiasa dengan dunia tulis menulis membuat Yoana mahir dalam menyusun kisah-kisah indah yang layak untuk dikonsumsi. Tentu saja ini bukan novel pertamanya, melainkan telah ada banyak buku dan cerita yang ia hasilkan dari tangan nya.

Bertemakan tentang kisah cinta, sekilas tak jauh berbeda dengan novel bergenre romance lainnya. Tulisan Yoana Dianika ini tak hanya sekedar tulisan hambar yang membuat pembaca bosan setelah sampai dipertengahan cerita, namun ide dan alur cerita nya benar-benar menarik serta menggugah rasa ingin tahu pembaca. Penyusunan plot novel ini yang bolak-balik, membuat pembaca ingin terus dan terus membalik halaman berikutnya. Bahasa yang digunakan penulis tidak terlalu berat, masih mampu untuk dipahami pembaca terutama bagi remaja, walau terdapat banyak hal-hal tentang dunia perkuliahan, yang membuat novel ini seakan terlihat cerdas. Semuanya dikemas secara sempurna oleh Yoana Dianika.

Cerita ini bermula dari pertemuan tak di sengaja seorang Kinanti dan Ranggadipta ketika menghadiri pertemuan para mahasiswa yang akan mengikuti KKN. Mereka dipertemukan oleh Krisanti, sahabat Ranggadipta sejak kecil. Pertemuan itu yang membawa keduanya jatuh kedalam penjara cinta diantara hati mereka. Sifat Kie yang pendiam dan tenang membuat Rangga terpesona dengan gadis itu. Sebaliknya Kie jatuh cinta pada Rangga yang selalu membuat nya nyaman dan berusaha melindunginya dari ketakutannya terhadap hujan. Hubungan mereka dimulai dari kegiatan KKN yang menyatukan mereka berdua kedalam satu kelompok. Dan cinta mulai bersemi saat hujan yang menjadi saksi cerita mereka.

Yang namanya cinta tak selalu mudah. Terutama bagi Rangga dan Kie yang keduanya memiliki pesona yang kuat. Krisan, sahabat Rangga ketika kecil yang merupakan model ternama juga menyukai Rangga. Bahkan ia tak rela jika harus menyerahkan Rangga, sang pahlawannya, kepada Kie yang merupakan teman baiknya. Dilain pihak juga ada Azar, mahasiswa jenius, yang tertarik dengan keanggunan dan sifat pendiam Kie. Keempat orang ini tergabung dalam kelompok KKN yang sama. Yang mengharuskan mereka menghabiskan waktu bersama. Kisah cinta ini tak lagi merupakan kisah cinta antara dua hati, ataupun merupakan kisah cinta segitiga, melainkan kisah cinta segi banyak yang masing-masing dari mereka harus berjuang demi cinta mereka.

Kie dan Rangga sama-sama menyimpan perasaan yang sama, yaitu rasa cinta yang membuat mereka bahagia satu sama lain. Namun saat Azar mulai mendekati Kie, Kie merasa nyaman berada bersama Azar dan bebas menceritakan apa saja tentang segala hal, bahkan tentang dirinya. Rangga juga tak pernah berhenti menyayangi Krisan sejak mereka bersahabat dari kecil, ada keharusan yang kuat bagi Rangga untuk melindungi Krisan yang ia tau masa lalu sahabatnya itu tak mudah. Karena masa lalu Krisan pulalah ia tak mampu untuk menyakiti sahabatnya itu. Namun perasaan Rangga tetaplah mencintai Kie.

Azar dan Krisan harus rela berlapang hati melihat hubungan Rangga dan Kie yang semakin dekat selama KKN. Bagaimanapun cara mereka berusaha untuk memiliki waktu bersama dengan pujaan mereka, tetaplah Kie dan Rangga tak dapat dipisahkan. Terlebih ketika mereka harus menerima kenyataan bahwa Rangga dan Kie resmi berpacaran ketika KKN telah selesai. Krisanti tak bisa menerima begitu saja hubungan Kie dan Rangga, terlebih satu-satunya pria berharga yang selama ini melindunginya dan bersedia menerima ia apa adanya tak mampu ia miliki untuk selamanya.

Hubungan Rangga dan Kie harus mengalami terpaan badai karena ulah Krisan. Saat itulah Azar hadir menawarkan kenyamanan kepada Kie. Walau Kie hanya menganggapnya sebagai sahabat, ia tak masalah asal ia mampu melihat Kie bahagia, meskipun hati kecilnya tetap berharap bahwa ia lah yang berada diposisi Rangga, memiliki cinta Kinanti. Bahkan Azar rela membantu mempersatukan kembali hubungan Rangga dan Kie, agar gadis yang ia cintai bisa bahagia.

Kie, anak semata wayang seorang pengusaha sukses yang harus hidup sebagai ibu sekaligus bapak bagi Kie. Melihat perjuangan mamanya dalam menghidupi mereka, membuat Kie tak ingin menyakiti sedikit pun perasaan mamanya. Terlebih ketika mama membawa Kie ke acaranya untuk diperkenalkan kepada teman-temannya. Disitulah bermula hubungan Kie dan Azar yang ternyata anak teman mama Kie, menjadi semakin dekat , dan Kie merasa ia tak ingin memberi tahu tentang Azar kepada Rangga.

Yoana Dianika benar-benar sukses menyusun plot cerita ini dengan sangat menarik. Pemunculan konflik yang berkali-kali membuat pembaca tak langsung mampu menebak ending dari cerita ini. Bahkan ketika cinta Rangga dan Kie berada pada titik permasalahan yang tak memiliki jalan keluar sedikit pun. Mama Kie yang seorang janda akan menikah dengan papa Rangga yang seorang duda. Rangga dan Kie akan menjadi saudara tiri. Tak ada yang mampu menerima kenyataan itu, baik Rangga maupun Kie. Cinta mereka yang sudah sangat dalam harus dilenyapkan demi orang tua mereka. Namun mereka harus melakukan itu. Sanggup ataupun tidak, mereka merestui pernikahan orang tua mereka.

Kie dijodohkan dengan Azar. Masalah yang masih harus dihadapi Kie dan Rangga, bahkan masalah perasaan cinta mereka belum mampu mereka selesaikan dengan baik. Ada banyak konflik yang diciptakan oleh Yoana dalam cerita ini, dan semuanya disusun dengan sempurna. Termasuk pilihan salah yang diambil oleh Kie dan Rangga sebelum pertunangan Kie dengan Azar. Pilihan yang membuat cinta mereka terus hidup selamanya dan tak pernah terlupakan, walau Azar yang akhirnya menjadi suami Kinanti.

Novel ini menyimpan sebuah perjalanan cinta yang penuh liku. Cocok menjadi bacaan para remaja yang beranjak dewasa. Layout dari novel ini juga cukup manis, tidak membuat pembaca bosan selagi membaca. Desain sampul yang oke dan kertas sampul yang digunakan juga bermutu, memberikan nilai lebih bagi novel ini untuk dilirik pembaca di toko buku.

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Tokyo in Love

Instagram Ads: Reach More Your Specific Audience