KLIA2 dan Ketinggalan Pesawat (Travel Journey - Day 6 & 7)

25 Oktober 2017

Hari ini harusnya adalah penerbangan kami buat pulang ke Pekanbaru. Kemarin malam aku udah mewanti-wanti emak buat bangunin kami subuh-subuh banget, biar punya cukup waktu untuk siap-siap dan beresin apartment sebelum cabut. Kondisi adikku justru bertambah parah, kayanya hari ini adalah puncak demamnya. Badannya panas banget dan dia ga bisa bangun. Oh My Lord!!! Sejak bangun tidur, aku udah merapalkan mantra "please jangan ketinggalan pesawat" berulang kali. Sepertinya hari ini bakalan jadi hari yang cukup buruk. Walaupun dengan sangat-sangat susah, adikku akhirnya bangun dan kami udah siap di lobi pukul 9 pagi. Btw, pesawat kami pukul 10:45 (OMG!!!).

Tambahan lagi, mana susah banget nemuin driver Grab karena mungkin di jam kerja, tapi akhirnya dapat juga, dengan harga sekitar RM25-35 (aku lupa). Pukul 9:30 baru masuk ke mobil, aku masih khawatir kalau kami bakalan ketinggalan pesawat, jalanan lumayan padat dan ga bisa terlalu ngebut. Perjalanan ke airport butuh 40 menit paling cepat. Begitu keluar dari pusat keramaian, aku minta driver-nya buat ngebut karena ngejar pesawat. Dengan segala kecemasan kami seisi mobil dan juga rempong-rempongan sama si abang driver, kami sampai di KLIA2 pukul 10:15. Berita terburuknya, kami ga tau harus jalan ke arah mana buat check-in, secara KLIA2 ini nyatu dengan mall dan super duper gede bagi aku yang baru pertama kali kesini.

Skip cerita ribet-ribet dan nanya security sana-sini. Kami sampai di check-in counter pukul 10:35 dan ketinggalan pesawat. Emak dan adik yang nungguin aku di kursi langsung shock begitu tau kita ga jadi pulang. Aku diam. Diam. Bener-bener diam. Lagi nurunin kekesalan dan menstabilkan emosi dulu. Setelah tenang, aku pergi ke counter AirAsia, nanya jadwal penerbangan selanjutnya ke Pekanbaru. Ternyata ga ada, jadwal penerbangannya baru ada besok pagi. Mau ga mau, kami beli tiket lagi buat besok pagi dan itu harganya 3x lipat dari harga PP kemarin, ingin rasanya ku menangis tersedu sedan (mending duitnya dipakai ke Sky Box atau Heli Lounge Bar).

Masih pagi dan ada cukup banyak waktu di Kuala Lumpur menjelang esok. Kami sepakat ga akan nginap di hotel atau balik ke apartment lagi malam ini, resikonya beraaaaat kalau besok pagi telat lagi. Jadwal penerbangan kami jam 08.00 pagi. Jadi yaaaa, disini aja. Untungnya, KLIA2 menyediakan lounge khusus buat orang-orang yang bermalam ataupun nunggu dengan waktu yang cukup lama, jadi kita bisa tidur-tiduran dan juga ada tempat colokannya. Jadi kalau dari tempat check-in counter itu, kita naik eskalator lagi setingkat, langsung keliatan kok ketika masuk bandara (kalau emang diperhatiin). Sempat kepikiran pengen jalan-jalan ke Genting karena kemarin ga jadi, tapi melihat kondisi adikku yang demam, jadi ga enak hati buat ninggalin dia. Well... Let's explore KLIA2 and learn many things!!!

Ini smoking area di KLIA2, jadi bisa sambil lihat-lihat pesawat take off

Setelah ninggalin si adik di tempat yang aman, dia bisa tidur sambil jagain koper, dan bisa ngecas hp juga, aku dan emak jalan-jalan ke mall KLIA2 ini. Judulnya sih jalan-jalan, tapi pas balik tentengan di kiri-kanan udah berat aja, emang jiwa ibuibu gitu kali yaaaa. Itu koper dan backpack yang udah penuh, makin dipenuhin lagi. Si emak masih aja bisa beliin pernak-pernik, sepatu, tas, makanaaaaann (akhirnya aku dibolehin beli Garret Popcorn dengan beragam rasa, yeaaahh cool mom!), termasuk juga cokelat (lagi). Kita balik lagi ke tempat adikku setelah capek dan keberatan sama tentengan, dan aku lapar banget. Untungnya, di lounge tempat nunggu itu ada restoran, jadi gampang banget lah buat makan. Kita aja boleh bawa piringnya ke kursi tempat kita nunggu, ga harus makan di restorannya.
Setelah makan, sholat, dan beresin ulang isi koper, aku jalan-jalan sendiri muterin mall dan sudut-sudut KLIA2. Ternyata kalau udah tau, mall itu ga besar-besar banget lah, standar sih seperti mall yang di Pekanbaru juga. Bahkan di dalam mall pun banyak check-in machine buat self check-in. Di dalam bandaranya juga lebih banyak lagi. Oh iya, selama disini kami ga ada beli minum, karena tinggal ngisi air di keran air minum yang udah tersedia. Kami cuma beli teh dan kopi panas karena merasa kedinginan. Menjelang sore, aku udah kedinginan parah, boro-boro mau mandi, yang ada aku nambah 3 lapis pakaian biar ga kedinginan, walau akhirnya aku tetap kedinginan juga. Jujur, semalaman aku kedinginan parah-parah-parah karena AC nya.

Nah, jadi ceritanya yang tidur dan duduk-duduk di lounge ini bukan cuma kita bertiga aja. Ada beberapa gerombolan orang juga sih, tapi mereka udah ngambil lapak masing-masing. Ada beberapa orang laki-laki Arah entah Afrika di seberang tempat kami ngetem, dari awal dia datang disana udah ngeliatin kami, mungkin mereka heran ngeliat aku bolak-balik restoran buat beli teh, terus kopi, terus teh, terus minta air panas, dan itu aja kerjaanku semalaman. Mereka udah berbaring di kursi sambil berselimut (berasa rumah sendiri ya Bro), tapi kepala mereka siaga ngeliatin orang-orang yang lalu lalang, apalagi pas ada perempuan pake hot pants yang lewat, pandangan mereka lengket bro wkwkwk. Selain menghangatkan diri, pekerjaan sampinganku adalah mengobservasi orang-orang yang ada disini. Ada yang disana cuma sejam, 2 jam, 3 jam, kayanya kami sih yang memegang rekor terlama, dari pagi hingga pagi lagi.

Check-in counters dari lounge tempat kita nongkrong

Walaupun ngantuk, aku justru ga bisa tidur karena kedinginan, lagipula kami ga bisa tidur berbarengan, terus yang jagain koper siapa? Menjelang tengah malam, aku masuk ke mushola buat sholat, di dalam hati udah pasang niat kalau nanti bakalan tidur sebentar disini, kan lumayan ada sajadah dan bisa pake mukena. Tapi, setelah sholat justru ada si mbak yang ngajakin ngobrol ngalor ngidul, sampai kantuk pun hilang. Aku pengen ngajakin dia ngobrol lebih lama sambil ngopi kan asique, tapi dia justru mau ketemu temannya. Akhirnya ku nganggur lagi.

Pukul 1 pagi ada segerombolan anak-anak perempuan dari Indonesia, mungkin SMP atau SMA, dan mereka berisik banget. Tapi untungnya mereka ga terlalu lama, jadi kehidupan damai kembali. Jam 3 pagi, aku turun ke lantai bawah buat self check-in, nyari aman biar besok ga ngantri dan terburu-buru lagi. Ternyata yang di lantai bawah ga sedingin di atas. Setelah check-in, aku duduk bentar di kursi dan mulai ngantuk. Aku takut si emak dan adik ga tau keberadaanku dan lupa bangunin aku, akhirnya aku naik lagi ke atas. Aku baru tidur jam 4 dan dibungunin jam 6. Setelah sholat dan bersih-bersih, kami langsung cus ke waiting room, lebih cepat lebih baik. Akhirnya, kami pulang juga ke Indonesia.
Pulang, yeay!

Hikmahnya, aku jadi hapal sudut-sudut tertentu di KLIA2 dan bisa ngerasain gimana overnight di bandara. Overall, seru banget, jadi nambah pengalaman, wawasan, dan teman.

Note: Hari ini, 26 Oktober adikku ulang tahun dan dia berada di negara orang untuk pertama kalinya. Semoga saja perjalanan ini akan membawanya pada perjalanan-perjalanan hebat berikutnya.

Cara menyikapi hari yang buruk adalah menikmatinya.

With Love,

Juny

Popular posts from this blog