Disyukurin Aja (Coretan Mahasiswa Tingkat Akhir)

Berasa udah lama banget gak nulis disini. Kayanya hidup sebagai mahasiswa bukannya bikin aku jadi lebih produktif nulis, tapi justru lebih produktif bikin tugas dan nyari waktu luang buat malas-malasan.
Gila coy, hidup sebagai mahasiswa itu gak se-enteng yang aku bayangin pas SMA. Dulu ekspektasinya, bakalan belajar mata kuliah yang asik, baju bebas, ketawa-ketiwi bareng temen di kantin, nongkrong di kafe keren, nonton film terbaru, bakalan lebih modis dengan dandanan gahul ala-ala, punya duit dari kerjaan freelance writer, dan hal-hal menyenangkan lainnya. Padahal realitanya, Senin-Sabtu: kuliah, perpustakaan, diskusi, ngelab, ngerjain tugas, ujian, makan siang di kantin yang penuh sesak sambil buru-buru ngejar kelas selanjutnya. Hari Minggu: tidur, nyuci, beresin rumah, ngerjain tugas, atau belajar buat presentasi, atau belajar buat ujian. Mata kuliah yang dipelajari boro-boro asik, malah bikin stress.
Seragam bebas? Hanya tinggal impian. Dulu, kalo ngeliat foto zamannya jadi adek tingkat (sekarang udah senior dong, haha), dengan baju kemeja kotak-kotak, rok hitam lipit yang lipatannya udah gak keliatan karena disetrika melulu, plus jilbab Paris polos yang warna nya kadang dipaksa cocok. Kebayangkan gimana modisnya aku di waktu itu? Ditambah dengan wajah kusam yang belum kenal skin care apapun. Make up andalan waktu itu cuma Baby powder, kadang-kadang kalo ingat cuma pake lip gloss.
Terlepas dari itu semua, sebenarnya aku justru gak pernah mau kuliah di kampus dan jurusan yang sekarang. Dulu itu, aku ngincar universitas yang ada di Jawa, karena emang seneng jadi anak rantau sejauh mungkin, biar berasa keren gitu. Sebenarnya, orang tua emang lebih senang kalau aku kuliah di Pekanbaru (orang Riau coy!) biar gampang jengukinnya dan bisa sering pulang. Di Pekanbaru, universitas negeri cuma ada 2, Universitas Riau dan UIN SUSKA Riau. Selain aku daftar ke Jawa, aku juga daftar ke UR. Aku gak ada niat buat daftar ke UIN, karena dari informasi yang beredar, mahasiswinya wajib pakai rok. Big NO! Ya walaupun seragam sekolah juga pake rok, tapi please deh, rok bikin aku gak terlihat bagus. Selain itu, di UIN wajib menghafal juz 30 baru boleh lulus, makin bikin gak mau kesana. Nah, tapi waktu di saat-saat terakhir pendaftaran PBUD (salah satu jalur khusus buat siswa SMA di Riau yang memiliki peringkat 10 besar, yaelah gaya banget) ke UIN, ngeliat temen-temen banyak yang sibuk ngurus pendaftaran kesana, akhirnya aku ikut-ikutan daftar. Ingat ya, cuma IKUT-IKUTAN.
Kayanya emang doa Ayah dan Ibu itu luar biasa mustajabnya (akunya yang kurang doa), aku gak lulus di Jawa dan UR. Sakit coy rasanya, di saat temen-temen yang nilainya lebih rendah dari aku malah bersorak hore karena lulus. Dua jalur aku daftar ke UR, dan keduanya gak ada yang lulus.
Ternyata, pendaftaran ke UIN yang ikut-ikutan tempo hari malah lulus, dan di pilihan jurusan ke 3 (waktu itu milihnya karena iseng dan kayanya jurusan itu keren), PSIKOLOGI. Dari SD sukanya matematika, hobinya ngerjain soal Kimia, paling gak suka sama pelajaran sejarah, eh malah dapetnya psikologi. Perasaan pertama ketika itu, Apes! Sedih! Kesal!
Singkat cerita, aku akhirnya terpaksa kuliah di UIN. Sebulan sebelum ospek, biasa aja. Sebulan jadi mahasiswa (setelah ospek dan kegiatan mahasiswa baru lainnya), bosan dan capek. Sebulan berikutnya, berasa bego karena ditanya apa-apa malah gak ngerti (ya iyalah, saingannya sama anak unggulan semua). Sebulan berikutnya, susah banget milih kostum buat ke kampus. Penghujung semester 1, belajar mati-matian buat ujian. Semester 2, mulai ikut organisasi. Semester 3, 4, aktivis. Di semester 5, aku mulai ngerasa nyaman, senang dengan mata kuliah apapun gak peduli susah atau gampang. Aku mulai mengakui bahwa aku mahasiswa UIN di jurusan Psikologi. Semakin kesini (I mean, semester makin gede), aku akhirnya enjoy dengan semua yang aku jalani dan yang udah aku lewati.
Aku baru benar-benar mengerti, kenapa Allah tidak mengabulkan doa seorang hamba melainkan menggantinya dengan lebih baik. Dulu, aku gak pernah bisa menemukan hal positif sebagai mahasiswa di UIN, hanya karena aku gak pernah bisa menerima kenyataan yang ada. Pikiranku masih dihantui dengan cara berpikir anak sekolah. Egois. Akhirnya, aku menyadari bahwa lingkunganku yang sekarang sangat kondusif untuk membuatku berubah menjadi lebih baik.
UIN membuatku belajar lebih banyak tentang agamaku (walaupun udah belajar dari SD, tapi pengetahuan yang di dapat tentu akan lebih meningkat), membuatku malu untuk duduk sembarangan, berbicara sembarangan, dan bertindak tidak sopan. Bukan aturannya yang mengontrolku, tapi orang-orang di sekitar Ku tak membiasakan hal-hal sembarangan yang dulu sering Ku lakukan. Di UIN itu, justru lebih kerenlah menurut aku. Bukan etnosentrisme atau karena aku adalah mahasiswa UIN. Secara, selalu ada mata kuliah wajib univ yang harus kita ambil seperti Hadits, Akidah, Fiqh, dll, pelajaran agamanya udah termasuk SPP satu semester, ilmunya difasilitasi dosen-dosen bagus. Nah, di UIN itu wajib hafal juz 30 dulu buat Munaqqasyah (ujian skripsi), kapan lagi kita punya niat dan waktu untuk ngafalin ini kalo gak keadaannya yang dikondisikan begini? Ibaratnya, aku kuliah itu, kuliah plus plus. Pengetahuan umumnya dapat, ilmu agamanya juga. Mungkin aku tak lagi produktif menulis sastra, tapi setidaknya gaya menulisku sekarang sedikit lebih formal dan terlihat dewasa (perasaan). Setidaknya itu lebih baik (efek revisian skripsi berkali-kali). Gagal jadi freelance writer, justru aku bisa dapat duit dari pekerjaan kecil-kecilan di bidangku, kalo ini emang merasa keren banget dah. Aku bersyukur karena bisa belajar psikologi selama 4 tahun ini. Ada banyak masalah-masalah pada diriku yang bisa aku selesai kan sendiri, ada banyak bagian kepribadianku yang bisa Ku perbaiki, dan kami sering menganggap kuliah sebagai "berobat jalan", belajar sambil instropeksi dan memperbaiki diri sendiri. Hal yang menyenangkan lagi, aku belajar tentang menghargai perbedaan, membuat kebahagiaan, dan melawan ketakutan. Itu menyenangkan. Pada beberapa waktu, aku merasa kuliah seperti film baru yang akan segera di putar, bikin gak sabar.

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Tokyo in Love

Instagram Ads: Reach More Your Specific Audience